Like

Like
Tenang&damai

Assalamu Alaikum Wr.Wb

Selamat datang...


Tabe...

Silahkan masuk,,,

semoga tidak mengecewakan..

Kamis, 29 Desember 2011

67 Persen Masyarakat Aceh Sakit Gigi

Harian Aceh – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menyatakan 67 persen dari 4,5 juta penduduk Aceh menderita sakit gigi berlubang dan bermasalah dengan gusi. Namun, kesadaran masyarakat Aceh tentang pentingnya menyikat gigi presentasinya mencapai 87,6 persen.


Murid Sekolah Dasar ikut diperiksa giginya secara gratis di gedung Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh, Banda Aceh, Kamis (29/12). Pengobatan serta pemeriksaan gigi secara gratis tersebut merupakan rangkaian kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional.(HARIAN ACEH | RAHMAD KELANA)
Hal itu disampaikan Manajer Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk, drg Ratu Affifah Mirah Affah, pada penyelenggaraan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) di Gedung Balai Dokumentasi dan Informasi Aceh, Kamis (29/12).

Berdasarkan hasil penelitian tahun 2007, kata Ratu Affifah, kasus penyakit gigi aktif di Aceh tergolong tinggi, yakni sekitar 41 persen. Akan tetapi, data ini tergolong rendah bila dibandingkan 61 persen warga Aceh yang mengalami pengalaman sakit gigi dan gusi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Aceh M Yani menjelaskan, penyebab melonjaknya penyakit gigi di Aceh, salah satunya dikarenakan minimnya tenaga medis bidang kesehatan gigi. Menurutnya, terbatasnya jumlah dokter gigi mempengaruhi kesadaran masyarakat Aceh akan pentingnya kesehatan gigi dan gusi.

“Berdasarkan sensus tahun 2010, dia Aceh hanya tersedia 250 dokter gigi yang harus melayani 4, 485, 730 warga Aceh,” ungkapnya.

M Yani melannjutkan, selain faktor kurangnya dokter gigi, di Aceh juga terbatasnya penerimaan PNS dokter gigi di daerah dan terbatasnya penyebaran dokter spesialis gigi di sejumlah puskesmas di daerah-daerah. Kondisi ini, kata Yani akan berdampak pada kelanjutan terhadap layanan bagi masyarakat setempat.

“Bukan hanya minim dokter gigi, tapi masalahnya juga masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya gigi yang sehat,” katanya. (mar)

Tidak ada komentar: